4.17. HAL CINTAKASIH YANG MENYALA-NYALA DAN KERINDUAN YANG AMAT BESAR AKAN MENYAMBUT KRISTUS

1 09 2009

1. Dengan cintaksih yang sangat besar dan menyala-nyala, dengan segala keinginan dan semangat hatiku, aku ingin menyambut Diaku, ya Tuhan; sebagaimana banyak orang kudus dan umat bertakwa yang sangat berkenan kepadaMu, karena hidup mereka yang suci, telah merindukan Dikau juga waktu mereka menyambut komuni.

O Allahku, kasih yang kekal yang merupakan milikku yang tertinggi dan keselamatanku yang tak terhingga aku ingin menyambut Dikau dengan rasa rindu yang menyala-nyala, dan dengan kehormatan yang sangat besar yang pernah dialami atau dirasakan oleh orang-orang kudus.

2. Dan walaupun aku tidak pantas memiliki rasa takwa ini, namun ku persembahkan kepadaMu segala kasih yang ada padaku, seakan-akan hanya akulah yang memiliki kerinduan yang sangat diinginkan dan yang menyala-nyala.

Tetapi juga segala yang dapat dipikirkan dan diinginkan oleh jiwa yang bertakwa, itu semua kupersembahkan kepadaMu dengan penghormatan yang sangat tinggi dan dengan kasih yang sangat tulus.

Tak ada suatu pun yang kuinginkan bagiku sendiri, tetapi diriku sendiri dan segala milikku ku persembahkan dengan hati yang tulus ikhlas kepadaMu.

Tuhan Allahku, Pencipta dan Penebusku, dengan ikhlas, dengan ta’zim pujian dan kehormatan, dengan penuh rasa syukur, kemuliaan dan cinta kasih, dengan kepercayaan, pengharapan dan kemurnian aku ingin menerimaMu pada saat ini, sebagaimana IbuMu yang sangat suci, perawan Maria, yang termulia, telah menerima Dikau dan telah merindukan, ketika ia menjawab dengan rendah hati dan penuh takwa kepada malaekat, yang memberi kabar kepadanya tentang rahasia penjelmaan: Lihatah hamba Tuhan terjadilah padaku menurutperkataanMu. (Luk. 1 : 38).

3. Pula seperti Yohanes Pemandi, orang yang teristimewa di antara umat kudus, yang mendahului kedatanganMu, sewaktu ia masih di dalam kandungan ibunya telah bangkit dengan gembira dalam Roh Kudus, karena bergembira akan hadiratMu; dan tatkala ia di kemudian hari melihat Yesus berjalan di antara orang-orang, sangatlah merendahkan diri aan berkata dengan penuh kasih mesra: Sahabat mempelai laki-laki yang sedang mendengarkan perkataannya, sangatlah bergembira bila ia mendengar suara mempelai itu (Yoh. 3 : 29); begitulah juga aku ingin berkobar dalam keinginanku yang suci itu dan ingin mengorbankan diriku sendiri sama sekali kepadaMu.

Oleh karena itu seluruh kegembiraan batin, keinginan yang bernyala-nyala, kenikmatan rohani, penerangan yang mengatasi kodrat dan pemandangan surgawi segenap umat yang bertakwa, begitu pula kebajikan dan puji-pujian yang telah dipersembahkan, ataupun yang masih akan dipersembahkan segala makhluk, baik di surga maupun di atas bumi, kukorbankan dan kupersembahkan kepadaMu untuk diriku dan untuk mereka sekalian yang telah minta doaku, agar supaya Engkau oleh umat sekalian terpujilah dengan sepatutnya dan dimuliakan selama-lamanya.

4. Tuhan Allahku, terimalah keinginan dan kerinduanku untuk memuji Dikau dengan tiada henti-hentinya dan memuliakan Dikau melebihi segala-galanya; sebab ini sudahlah selayaknya diberikan kepadaMu, sesuai dengan keagunganMu yang berlimpah-limpah.

Ini ku persembahkan kepadaMu dan aku ingin mempersembahkannya tiap hari dan tiap saat pula; dan segenap roh surgawi dan umatMu sekalian akan minta dan memohon dengan sangat, supaya besertaku mengucap syukur dan memuji Dikau.

5. Moga-moga segala bangsa dan suku, serta lidah memuji Dikau; semoga mereka memuliakan NamaMu yang kudus dan sangat manis bagaikan madu itu dengan kegembiraan yang luar biasa dan dengan takwa yang bernyala-nyala.

Dan semoga mereka sekalian yang merayakan rahasia yang termulia ini dengan hormat dan takwa, dan menyambutnya dengan kepercayaan yang dalam, akan mendapat

rahmat dan rahim dari padaMu dan sudi berdoa dengan rendah hati bagiku, orang berdosa.

Dan apabila mereka telah menikmati pula persatuan mereka dengan Dikau, dan bila mereka setelah menerima penghiburan yang banyak dan dengan ajaib menjadi segar pula, telah mengundurkan diri dari perjamuan surgawi yang kudus itu, semoga mereka lalu ingat akan daku, orang yang papa ini.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: