4.14. HAL RINDU YANG MENYALA DARI SEMENTARA OR.ANG YANG BERTAKWA AKAN TUBUH KRISTUS

29 08 2009

Murid Berkata:

1. Alangkah besarnya kekayaan kemanusiaanMu, ya Tuhan, yang Engkau sediakan bagi mereka yang takut kepada Dikau (Masm. 31 : 20).

Bila kupikirkan, ya Tuhan, bahwa sementara orang yang bertakwa menyambut SakramenMu dengan tekun dan cintakasih yang sebesar-besarnya, maka sering kali aku merasa malu atas diriku sendiri, karena aku menghadap altarMu dan menyambut perjamuanMu yang kudus dengan rasa malas dan dingin saja; karena aku merasa dingin dan tiada bersemangat dalam hati; pula karena aku tiada merasa bernyala terhadapMu, ya Tuhan. Dan malu pula, karena aku tidak begitu tertarik dan terharu seperti halnya banyak orang yang takwa, yang oleh karena kerinduan mereka yang sangat besar untuk menyambut komuni dan karena cintakasih yang terasa tiada dapat menahan air mata mereka, tetapi dengan segenap hati dan jiwa begitu sangat rindunya kepadaMu, ya Allah, sumber kehidupan, hingga tiada jalan lain bagi mereka untuk memuaskan lapar mereka selain menyambut TubuhMu dalam kegembiraan yang dalam dan dengan kerinduan rohani yang sangat besar.

2. O, kepercayaan mereka yang benar-benar dan menyala-nyala adalah sungguh-sungguh bukti yang tegas, bahwa Engkau berada di situ.

Memang mereka sungguh mengenal Tuhan mereka dalam memecahkan roti, sedang hati mereka sangatlah menyala karena Yesus, yang berjalan bersama mereka.

Tetapi tekun dan takwa yang begitu besar, kasih yang begitu menyala, sering kali tidak kumiliki sama sekali.

Kasihanilah aku, ya Yesus yang baik, manis dan terkasih; dan berilah kepadaku, pengemisMu yang hina ini, agar supaya dia setidak-tidaknya kadang-kadang di dalam komuni dapat memperoleh rasa kenikmatan kasihMu sedikit saja; agar kepercayaanku lebih menjadi kuat, pengharapanku atas kebaikanMu bertambah-tambah, dan agar

cintakasihku, setelah merasakan manha surgawi, akhirnya akan menyala dengan sempurna dan tiada lagi menjadi surut.

3. Bukankah kerahimanMu cukup kuat untuk memberi rahmat yang sangat ku inginkan itu kepadaku, dan pada saat yang berkenan kepadaMu, sudi mendatangi daku dengan semangat yang menyala.

Sebab meskipun rinduku itu tidak begitu menyala seperti umatMu yang terpilih, namun aku ingin juga kerena rahmatMu mempunyai kerinduan yang begitu besar dan bernyala; dan aku berdoa dan memohon, supaya dapat merupakan bagian daripada orang-orang yang sangat kasih kepadaMu itu, dan semoga boleh termasuk dalam persekutuan mereka yang kudus itu.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: