4.07. HAL MENYELIDIKI SUARA KALBU DAN NIAT AKAN MEMPERBAIKI DIRI SENDIRI

22 08 2009

Yang Terkashi Bersabda:

1. Yang penting sekali bagi imam Allah yaitu dengan rendah hati yang sebesar-besarnya dan dengan hormat yang penuh, dengan kepercayaan yang besar dan kehendak yang murni menghormati Allah, menghadap untuk merayakan, membagi-bagikan dan menyambut rahasia yang kudus ini.

Hendaklah engkau periksa suara kalbumu dengan teliti; dan murnikan serta sucikan sebaik-baiknya dengan rasa menyesal yang sungguh dan dengan mengaku dosa dengan rendah hati; hingga tak ada rasa yang menekan atau menakuti kamu, untuk menghadapNya dengan rasa yang bebas. Hendaklah engkau benci segala dosa-dosamu pada umumnya dan hendaklah pada khususnya lebih engkau sesalkan kesalahan-kesalahanmu sehari-hari.

Dan bila waktu mengijinkan, akuilah dalam batin segala kesukaran hawa nafsumu di hadapan Tuhan Allah.

2. Hendaklah engkau mengeluh dan bersedih, karena engkau masih begitu lekat pada kenikmatan daging dan kenikmatan dunia; begitu lemah mengendalikan hawa nafsumu dan begitu penuh keinginan yang jahat; begitu tak terjaga dalam panca indra lahir, begitu seringkali kacau, karena banyak pikiran-pikiran yang tak berguna;

begitu cenderung kepada hal-hal yang di luar, begitu tak perduli akan hal-hal kebatinan; begitu mudah tertarik untuk tertawa dan ria, begitu keras hati terhadap tangis dan tobat; begitu suka akan kelemahan dan kenikmatan badan, begitu malas akan kecermatan dan semangat yang nyala; begitu ingin akan mendengar berita-berita baru dan melihat barang-barang yang indah, begitu malas mengerjakan hal-hal yang rendah dan hina; begitu loba untuk memiliki banyak barang, begitu kikir dalam memberi, begitu keras untuk mempertahankan miliknya; begitu lancang dalam percakapan, begitu kurang kuat untuk diam; begitu sembrono dalam kelakuanmu dan tergesa-gesa dalam tindakanmu; begitu besar hasratmu terhadap makanan, begitu tuli sebaliknya terhadap sabda Allah; begitu cepat akan istirahat, begitu lambat untuk bekerja; begitu besar perhatianmu dalam bercakap-cakap yang tak berisi, begitu teledor dalam waktu sembahyang malam; begitu ingin akan selesai, begitu lalai dalam perhatian; begitu malas dalam sembahyang waktu, begitu teledor dalam mempersembahkan misa, begitu kering rasanya dalam menyambut komuni; begitu lekas kabur pikirannya, begitu jarang sungguh bertakwa; begitu lekas menjadi marah, begitu mudah menyakiti hati orang lain; begitu cepat mengadili orang lain, begitu keras dalam mencela pula; begitu ria dalam keuntungan, begitu sendu dalam kemalangan; begitu seringkali penuh niat yang baik, tetapi sedikit yang engkau jalankan.

3. Bila engkau telah mengaku kesalahan-kesalahan tersebut dan lain sebagainya dengan rasa sesal dan kesusahan yang besar akan kelemahanmu dan telah menangisinya, hendaklah engkau membangun niat yang kuat, untuk memperbaiki hidupmu dan selalu maju dalam kebaikan.

Serahkanlah dengan segala suka hati dan dengan segala kehendak dirimu sendiri, dan NamaKu, sebagai korban bakar yang kekal di atas altar hatimu; ialah dengan menyerahkan sama sekali tubuh dan jiwamu kepadaKu; supaya dengan demikian engkau pantas mempersembahkan korban kepada Allah dan pantas menyambut Sakramen Tubuhku dengan memperoleh buah.

4. Sebab tak ada korban yang lebih pantas dan tak ada silih yang lebih besar untuk menghapus dosa-dosanya, daripada menyerahkan diri sama sekali dengan hati murni kepada Allah bersama dengan korban Tubuh Kristus dalam korban misa dan dalam komuni.

Bila orang telah berusaha dengan kekuatan yang ada padanya dan telah sungguh menyesal, beberapa kali pun saja ia datang kepadaKu, untuk mohon ampun dan rahmat: Sungguh Aku katakan, demikian sabda Tuhan, Aku tidak menghendaki kematian orang berdosa, melainkan agar bertobatlah ia dan hidup (Yeh. 33 : 11); sebab dosa-dosanya tak akan Kupikirkan lebih lama lagi (lbr. 10 : 17), tetapi akan diberi ampun.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: