3.59. BAHWA, KITA HARUS MENARUH SEGALA HARAPAN DAN KEPERCAYAAN KITA MELULU KEPADA ALLAH

30 07 2009

1. M.: Tuhan, apakah yang menjadi kepercayaanku selama hidup di dunia ini; atau apakah yang merupakan penghiburanku yang paling besar di antara segala sesuatu yang ada di bawah langit ini ?

Bukankah Engkau, ya Tuhan dan Allahku, yang sungguh maha rahim ?

Bilamanakah aku pernah baik keadaanku tanpa Dikau ? atau bilamana aku pernah jelek keadaanku, jika Engkau bersama aku ? Aku lebih suka melarat bersama Dikau, daripada kaya tanpa Dikau.

Aku lebih suka mengembara bagaikan orang asing bersama Dikau di dunia ini, daripada memiliki surga, tetapi tanpa Dikau. Di mana Engkau berada, di situlah surga; dan di mana Engkau tidak berada, di situ merupakan maut dan neraka.

Engkaulah seluruh harapanku, kepadaMulah aku harus mengeluh, berseru dan memohon.

Akhirnya tak seorangpun, yang dapat kupercaya sepenuhnya, untuk menolong aku dalam kemalanganku sebaik-baiknya, kecuali Engkau, ya Allahku.

Engkaulah pengharapanku, kepercayaanku dan sahabatku yang paling setia.

2. Semua mencari untuk kepentingan diri sendiri; tetapi Engkau hanya menghendaki keselamatan dan kesempurnaanku, dan segalanya Engkau arahkan bagi kebahagiaanku.

Juga bila Engkau membiarkan aku tertimpa percobaan-percobaan dan kesusahan-kesusahan, maka semuanya itupun Engkau tujukan untuk kebahagiaanku. Sebab dengan bermacam-macam jalan Engkau biasa mencoba orang-orang yang Engkau cintai.

Dan waktu tertimpa percobaan-percobaan itu, maka aku tidak boleh kurang mencintai dan memuliakan Dikau, daripada jika aku merasa tertimbun olehMu dengan hiburan-hiburan surgawi.

3. Maka kepadaMu, ya Tuhan Allah, aku menaruh segala harapanku dan kepadaMu aku berlindung; kepadaMu kuserahkan segala kesusahan dan ketakutanku; sebab segala sesuatu yang di IuarMu, tampaklah lemah dan goyah.

Sebab banyak sahabat tidak akan berguna bagiku dan pelindung-pelindung yang kuasa tidak akan mampu menolong aku; tiada penasehat yang bijaksana akan dapat memberi nasihat yang berguna, dan buku-buku yang tertulis oleh sarjana-sarjana tak ada yang akan mampu memberi penghiburan kepadaku; tiada barang suatupun yang berharga dapat,menolongku dan tak ada sesuatu tempat, sekalipun tersembunyi dan menarik hati, akan mampu memberi perlindungan kepadaku, jika Engkau sendiri tidak menolong, membantu, memperkokoh, menghibur, mengajar dan melindungi aku.

Sebab segala sesuatu yang kelihatannya memberi tenteram dan bahagia, sesungguhnya bukan apa-apa jika Engkau tidak besertanya; dan sebenarnya semua itu tidak memberi kebahagiaan sedikit pun juga.

Engkaulah tujuan yang terakhir segala baik, Engkaulah yang memenuhi kehidupan dan merupakan Sumber segala kebijaksanaan; dan menaruh harapan kepada Dikau melebihi segala sesuatu, itulah hiburan yang terkuat bagi hamba-hambaMu.

4. KepadaMu aku mengarahkan pandanganku; kepadaMu kutaruh kepercayaanku, ya Allah, Bapa segala rahim (2. Kor 1 : 3).

Berkatilah dan kuduskan1ah jiwaku dengan berkat surgawi, agar menjadi tempat tinggalMu yang suci dan merupakan takhta kemuIiaanMu yang kekal. Semoga dalam kenisah ke-AllalhanMu ini tiada terdapat sesuatu pun, yang tidak berkenan kepada WajahMu.

Sudi apalah kiranya memandang kepadaku dengan kebaikan yang sangat besar dan dengan belas kasihanMu yang tak terhingga itu, dan dengarkanlah doa hambaMu yang hina ini, yang jauh dari padaMu, bagaikan orang buangan merantau di dalam negeri yang penuh kegelapan maut ini.

Lindungilah dan peliharalah jiwa hambaMu yang berada di tengah bahaya-bahaya dalam kehidupan yang fana ini; dan hendaklah menuntun jiwaku ini dengan dikawal rahmatMu, melalui jalan ketenteraman masuk ke tanah air kemuliaan abadi. Amin.


Actions

Information

Leave a Reply

