3.37. HAL MENYERAHKAN DIRI DENGAN SEMPURNA DAN MURNI UNTUK MEMPEROLEH KEBEBASAN HATI

8 07 2009

1. G.: AnakKu, tinggalkanlah dirimu dan engkau akan mendapatkan Aku. Kesampingkanlah pilihanmu dan kehendakmu sendiri, dan engkau akan selalu memperoleh keuntungan.

Sebab rahmat akan dicurahkan kepadamu dengan berlimpah-limpah, jika engkau dengan segera menyerahkan diri.

2. M.: Tuhan, berapa kali aku harus menyerahkan diriku sendiri, dan dalam hal apa saja aku harus menyangkal diriku sendiri ?

3. G.: Senantiasa dan pada setiap saat; baik dalam hal yang kecil, maupun yang besar. Aku tidak mengadakan keistimewaan; tetapi Aku ingin mendapatkan kamu lepas dari segala-galanya.

Sebab bagaimanakah engkau dapat menjadi milikKu dan Aku menjadi milikmu, jika engkau tidak melepaskan kehendakmu sendiri baik lahir, maupun batin ?

Semakin cepat engkau menjalankannya, semakin baik adanya; dan semakin sempurna dan tulus engkau kerjakan, semakin besar engkau berkenan kepadaKu dan semakin banyak keuntunganmu.

4. Sementara orang menyerahkan dirinya kepadaKu, tetapi dengan beberapa syarat; karena mereka tidak mempunyai kepercayaan yang sempurna kepada Allah, dan oleh karena itu mereka masih memikirkan untuk mengurus diri sendiri.

Sementara orang lain mula-mula menyerahkan diri sama sekali kepadaKu, tetapi kemudian, karena diserang godaan, mereka kembali lagi kepada diri sendiri, dan oleh karena itu mereka hanya sedikit maju dalam kebajikan.

Orang-orang semacam itu tak mungkin akan dapat kebebasan hati murni yang sebenarnya dan tak mungkin pula memperoleh rahmat keramahanKu yang manis, jika mereka tidak menyerahkan dirinya terlebih dahulu kepadaKu dengan sempurna dan setiap hari sebagai korban; sebab tanpa persatuan yang membuat mempersembahkan dirinya itu tak mungkinlah ada berbahagia dengan Allah.

5. Sudah seringkali Kukatakan dan sekarang Kukatakan lagi; tinggalkanlah dirimu, serahkanlah jiwa ragamu kepadaKu, dan engkau akan menikmati ketenteraman batin yang besar.

Berilah segala-galanya untuk segala-galanya, janganlah mengadakan perkecualian dan janganlah minta kembali apa pun juga.

Hendaklah sama sekali berpegangan tanpa ragu-ragu kepadaKu, maka engkau akan memiliki Aku.

Engkau akan bebas dalam hati dan kegelapan tidak akan meliputimu.

Berusahalah, berdoalah dan tunjukkanlah keinginanmu, agar engkau dapat melepaskan dirimu dari kepentingan diri sendiri dan dengan tanpa apa-apa dapat mengikuti Yesus, yang tidak punya apa-apa pula; juga supaya dapat mematikan diri sendiri dan hidup untukKu selama-lamanya.

Maka akan hilanglah segala angan-angan yang sia-sia, perasaan-perasaan yang salah dan beban yang berlebih-lebihan.

Maka dengan itu akan terusirlah juga ketakutan yang melewati batas dan akan musnalah cinta yang tak teratur.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: