3.26. KEUTAMAAN KEBEBASAN BATIN YANG LEBIH BAIK DIPEROLEH DENGAN BERDOA DIBARENGI RENDAH HATI DARIPADA DENGAN BANYAK MEMBACA

27 06 2009

1: M.: Itulah pekerjaan seorang laki-laki yang sempurna; tidak pernah kendor dalam mengejar hal-hal surgawi dan menerobos banyak kesulitan seakan-akan tanpa kesukaran; tidak dengan cara orang yang lalai, melainkan sesuai dengan hak istimewa jiwa merdeka, yang tidak melekatkan dirinya kepada suatu makhlukpun dengan cinta yang tidak teratur.

2. Aku mohon kepadaMu, ya Allah yang maha Rahim, jagalah diriku terhadap kesukaran-kesukaran hidup ini, agar aku tidak terlalu amat terlibat karenanya; terhadap banyak kebutuhan-kebutuhan badan, agar aku tidak dikuasai oleh nafsu jahat; terhadap segala rintangan jiwa, agar aku tidak patah semangat dan jatuh karena kesulitan-kesulitan. Yang kumaksud bukanlah barang-barang, yang dicari untuk dimiliki dengan segala nafsu keinginan oleh keberanian duniawi; melainkan penderitaan-penderitaan yang sebagai akibat kutuk umum atas semua makhluk, memberatkan jiwa hamba-hambaMu sebagai hukuman dan menghalanginya mencapai kemerdekaan roh, sesuka hatinya.

3. Ya Allahku, kemanisan yang tak terkatakan, robahlah untukku ke dalam kepahitan segala hiburan daging, yang menarik diriku dari hal-hal abadi, dan yang menarik diriku kepadanya dengan cara yang dosa karena memandang sesuatu kenikmatan sementara.

Allahku, janganlah kiranya daging dan darah menguasai diriku; janganlah kiranya dunia menyesatkan aku dengan keindahannya yang hanya sebentar itu, dan janganlah kiranya setan menjatuhkan aku dengan tipu muslihatnya.

Berilah aku kekuatan untuk bertahan, kesabaran untuk menderita dan ketetapan hati untuk melawan. Berilah aku pengobatan sebagai ganti segala macam hiburan dunia kehadiran rohMu yang penuh cintakasih, dan curahkanlah padaku cintakasih akan namaMu sebagai cinta jasmani.

4. Lihatlah, makan minum, pakaian dan kebutuhan lain-lainnya yang tersedia bagi pemeliharaan badan, merupakan beban bagi roh yang menyala semangatnya.

Perkenankanlah aku mempergunakan sarat-sarat hidup semacam itu hanya seperlunya saja, dan dapat mengekang keinginanku yang terlalu besar kepadanya.

Menanggalkan semua kebutuhan hidup tidak mungkin, sebab kodrat harus dipelihara, tetapi ingin memperolehnya dengan berlebih-lebihan untuk dinikmati, adalah bertentangan dengan hukum suci Tuhan; karena dengan demikian si daging akan berontak lagi melawan roh.

Aku mohon kepadaMu, semoga tanganMu dapat membimbing dan menuntun aku dan agar Engkau berkenan mengajar aku berjalan di antara dua sisi yang berbahaya itu.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: